Minggu, 26 Agustus 2012

Oalah lebaran lebaran

Lebaran udah lewat seminggu lalu. Jadi gak terasa, udah seminggu kita ninggalin Ramadhan. Ingatan tentang rasa lemes nahan lapar dan haus di siang hari,ingatan tentang nahan pegel karena mesti sholat tarawih udah ilang seiring dengan kesibukan persiapan pulang kampung, beli oleh - oleh, dan berlebaran disana.
Kumpul keluarga dan sodara, sungkem ama orang tua, cipika cipiki, bagi duit ponakan – ponakan, ngobrol sampe malam, ledek - ledekkan ama sepupu,

cemilan berbagai jenis dimana – mana. pokoknya semua sodara dan keluarga serasa bahagia (ternyata silaturahmi dan kumpul keluarga itu emang indah ya).
Ada beberapa hal yang khas selalu ditanyakan ke saya setiap pulang kampung dari tahun ke tahun..biasanya begitu ketemu sama saya ekspresi mereka surprise sambil bilang..waduh gimana nih bos kita yang dijakarta?.tambah gemuk sekarang..kapan datang?...naik apa?....macet gak?...berapa lama liburnya?. kapan masuknya?..lho kok sendirian ? mana calonnya kok gak dibawa?...itu pertanyaan standar dari orang - orang dikampung yang biasanya terlontar ke saya…kayaknya ke yang lain juga gitu. Makanya saya juga udah nyiapin jawaban yang juga standar kayak, "oh cuma seminggu liburnya, gak begitu macet sih, doain aja lancar...yah gitu terus jawabannya. Yang penting kita seneng ketemu keluarga dan sodara.

Suasana kayak gitu biasanya berlangsung 3 hari, setelah itu sodara jauh yang nginep mesti pulang karena melanjutkan tour lebaran mereka ke sodara yang lain, tamu – tamu juga udah mulai berkurang tinggal keluarga saya saja dirumah sambil sesekali teman lama saya datang ato saya yang main ke tempat mereka. Rumah kembali sepi lagi tinggal bapak sama ibu saya yang selalu bilang jangan buru – buru balik ke jakarta bapak ibu masih kangen. Lebaran itu walaupun capek tapi hati ibu seneng. Coba kamu bayangin tiap hari cuma berdua udah tua dan kadang kadang ada gangguan kesehatan pula, kamunya nelpon jarang, pulang setahun sekali, paling banter 2 kali, jarang nanyain kabar di kampung. Giliran pulang maunya balik cepet – cepet ya alasannya macem – macem, cutinnya cuma lima hari,… ada yang harus dikerjain…gak enak sama bos kalo pulangnya telat… .biasanya saya cuma diem aja kalo denger ibu saya bilang gitu..

Tapi selama perjalanan pulang ke Jakarta, saya kok kepikiran mereka. Kok kebangetan banget ya ..masih punya orang tua tapi kok kayaknya kurang perhatian, kurang deket…kurang pengin nengok.
Umur udah segini kerja pontang panting di Jakarta brangkat jam 7 pagi pulang jam 6 sore tiap hari bertahun – tahun, semua yang dulu ada dikampung dikorbanin demi bekerja cari duit di Jakarta.

Banyak lho ternyata yang ilang berganti dengan gaya hidup Jakarta tapi gak terasa. yang paling jelas ya kedekatan kita ama orang tua, tetangga, teman – teman. terus suasana guyub rukun dengan warga sekitar. Ditempatku itu tetangga suka kirim kiriman sayur, hari ini masak sayur kacang kirim sedikit buat tetangga, besok kita dapat kiriman opor dari dia (gak sebanding kan...he..he.) kalo mau pasang antena TV para remajanya ngumpul bantuin gak usah bayar kalo dibayar malah mereka marah paling bikinin minum ama rokok..
Gak kenal aja kalo ada orang lewat depan rumah disapa dan disuruh mampir, kalo disini ada orang clingak clinguk didepan rumah pikiran kita langsung maling lagi survey, lah kalo orang di kampung pikirannya ini pasti orang nyari alamat makanya ditanya nyari siapa ? bukan langsung kunci pintu rapat - rapat. lingkungan mempengaruhi pola pikir kita, rasa saling curiga itu paling kental terasa di jakarta. lihat aja kalo naik metromini semua orang tampangnya serius dan waspada semua. jarang orang senyum di metromini, tas kita kita pegang rapat -rapat. habis gimana ya emang disini banyak copet.

yang namanya tetangga itu dari ujung ke ujung kenal semua. Kalo disuruh nyebutin 200 nama tetangga yang dikenal Insya Allah masih bisa.coba anda sebutin 30 nama tetangga anda di Jakarta, mungkin kesulitan bahkan sampe harus dikarang – karang namanya..he..he.. padahal kata Rasulullah, tetangga itu 40 kekanan dan 40 kekiri, depan ama belakang.
Itupun rumahnya kalo dikampung kan gede – gede jadi bayangin rumah ke – 40 kan jauh banget..lah kalo di jakarta rumah kan kecil kecil jadi rumah ke – 40 mungkin lebih dekat daripada rumah ke – 40 dikampung…coba aja anda tahu gak orangnya yang mana kira – kira…gak usah namanya…silahkan berargumentasi buat membela diri..he..he..

Masalah kehilangan kedekatan ama orang tua, bersyukurlah anda yang orang tuanya deket sama anda dalam artian jaraknya juga deket. Karena itu pengaruhnya besar. Kalo saya pulang ketemu ibu saya itu saya suka sedih ngeliat dia udah makin putih rambutnya. Badannya tambah gemuk, jalannya suka susah.kaki sering kaku katanya,.tapi kalo bangun tidur pagi banget, ngurusin rumah, masak, nyuci, etc. Artinya banyak yang berubah dari hari ke hari tahun ke tahun dan saya tidak tahu dan tidak mengikuti malah sibuk ama kerjaan sendiri..padahal sampe sekarang juga gak kaya – kaya ..he..he..…tahu tahu ibu tambah tua dan keriput , tambah ubanan, tambah penyakit.

Mau ada telpon, video call, sms, internet webcam ato teknologi komunikasi yang makin canggih tetep aja secara emosional gak bisa sedeket ketemu langsung. Kalo gak percaya anda milih tilpun – tilpunan ama pacar ato ketemu langsung…walaupun biasanya di telepon juga ngomong sayang – sayangan…he..he…jangan pacaran lah..itu banyak mudharatnya..entar gak kuat nyerempet maksiat.

Cuma yang bikin saya sedih adalah kadang kadang kita kehilangan rasa kangen sama mereka. Rasa pengin deket itu ilang kayak gak punya orang tua aja karena kesibukan kerja dan masalah kita sehari – hari. Rasa kangen dan takut kehilangan itu kegusur sama masalah ngejar target, stress macet, dimarahin bos, jalan – jalan ke mall nyari CD, nonton konser led Zeppelin Night, nonton di twenty One dan lain – lain. Baru mikir kalo denger orang tua sakit minta ditengok.. (You don’t know what you’ve got until its gone)..padahal kalo dipikir gak ada alasan untuk lupa sama mereka karena kesibukan kita ataupun masalah kita…

Tiap hari selama puluhan tahun itu ibu saya selalu mikirin saya.. mungkin saya ini gak pernah lepas dari pikirannya tiap hari ..waktu dulu masih kecil dari bayi sampe umur lima tahun pasti dipikirin dan diperhatiin terus sama dia. Kata orang gak bisa disambi mesti dijagain siang malam lagi. mulai sekolah sampe kuliah diperhatiin terus. kalo ibu saya pergi saya ditinggalin beras ama telor buat makan. Gak pernah pergi gitu aja walaupun saya udah gede and ngekost.
Lah kok sekarang inget ibu ama bapak cumTa tiba – tiba saja kalo ada momen yang bikin kita inget..pas lagi jalan ktemu orang yang model nya mirip bapak jadi ingat bapak..makan diwarteg jadi ingat masakan ibu, sebulan menjelang puasa jadi baru ingat kampung dan orang tua,...duh Gusti Allah kulo nyuwun pangapunten.

Tapi ada lho yang sebel sama orang tuanya. mungkin ada orang yang ngerasa kurang puas dengan orang tuanya..katanya ibunya itu orangnya galak, kurang pengertian, pilih kasih, gak perhatian, terlalu ketat lah, gak mau ngerti anak sekarang, yah keluhan semacam itu kadang saya dengar. Terus ada juga yang dendam karena orang tuanya bukan figur yang bisa dibanggakan didepan teman - temannya. gak bisa nyukupin kita waktu sekolah, pekerjaannya gak intelek...bukan orang berada.... bikin malu aja...Astagfirullah...Serasa gak ada yang baik – baik didalam diri orang tuanya…jadi kehilangan respect sama ortu, apalagi tiap hari ketemu, berani nyentak nyentak kalo ngomong lagi marah ibunya disalah - salahin…Astagfirullah…

Padahal kalo pas ngeliatin ibu saya tidur kecapekan saya mikir ini lho orang yang dulu pontang panting gedein saya dan kakak adik saya, terus ngebayangin dulu pernah tinggal didalam perutnya..ngringkel..makan, minum, buang air didalam situ lama banget, sampe sembilan bulan, sampe saya dilahirin…kakak saya juga pernah tinggal disitu..adik saya juga…kita pernah tinggal di perut yang sama. walaupun dulu setelah lahir dan gede sering dimarahin, dikampleng sama bapak karena bandel dan malu maluin orang tua tetep aja rasa sakit atinya gak sebanding sama sayang mereka ama kita..

Coba aja kalo kita sakit kan ibu udah bingung kita mesti diapain. Lha wong bilang saya lebaran gak pulang aja ibu saya nangis sambil bilang ya udah kuenya gak usah dimasukkin toples wong ntar gak ada yang makan...padahal saya cuma becanda..

lha sekarang kok saya jadi kayak gini…kalo tiba – tiba aja mereka besok gak ada gimana? (ampuni kami ya Allah)….bayangin aja baik – baik wajah ibu kita…jangan jangan kita gak punya kesempatan bikin mereka seneng..jangan – jangan kita gak disampingnya waktu ibu kita menahan rasa sakit karena asam uratnya kambuh, kita gak disampingnya waktu dia terbaring lemah kesakitan karena berbagai macam penyakit…padahal dia ingin kita temenin…

Coba aja anda bayangin ada manusia ( meskipun bayi kan tetap manusia juga) yang tinggal didalam perut kita dari kecil sampe besar. bergerak gerak..terus dia keluar…itulah darah daging kita. terus kita rawat dengan cinta dan kasih sayang. kok tiba – tiba udah gede dia lupa sama anda karena sibuk cari duit di Jakarta ..Duh Gusti Allah…

Makanya Rasulullah sampe tiga kali menyebut ibu kita sebagai orang yang harus kita hormati.

Sekedar nanya saja..kalo ibu anda sakit asam urat, kolesterol, rematik, asthma, kanker ...stroke...ato apapun gangguan kesehatan yang identik dengan penuaan..

kalo emang anda sayang dan cinta sama dia mau gak anda bilang. Ya Allah biar penyakitnya ke aku saja jangan ke ibu aku yang udah tua ini ato jangan ke ayahku yang juga udah tua ini...karena ibu kita dulu waktu kita bayi terus sakit muntaber ato thypus ato demam tinggi, muntah - muntah dia dalam hati bilang kalo bisa ya Allah biarlah aku yang sakit daripada anakku.dia begitu gak tega..hatinya teriris - iris ngeliat kita terbaring lemas.
Pikirkan itu waktu anda sungkem sama dia.

Tidak ada komentar:

MANROBBUKA

Foto saya
Jakarta, DKI, Indonesia
Jales Viva Jaya Mahe